Rel Kereta Terpendek Di Dunia

Kereta kabel bersejarah yang ditutup sembilan tahun lalu, setelah kecelakaan mengerikan telah dioperasikan kembali di kota Los Angeles, Senin (15/3/2010).

Angels Flight dengan panjang 91 meter, yang dijuluki rel paling pendek di dunia, beroperasi dari pukul 06:45 sampai 22:00 waktu setempat, setelah Komisi Keamanan Publik California memutuskan aman untuk layanan umum, Rabu lalu.


John H. Welborne, Presiden Angels Flight Railway Foundation mengatakan, mungkin akan ada ketidak nyamanan pelayanan terhadap penumpang, karena pihaknya masih akan melakukan penutupan pada siang hari guna mengevaluasi sistem keselamatan yang baru.


Angels Flight ditutup pada 1 Februari 2001, setelah satu gerbong kereta jatuh ke bawah bukit di jalur tersebut dan bertabrakkan dengan satu kendaraan di bawah bukit. Seorang pria yang berusia 83 tahun tewas dalam kecelakaan itu dan tujuh orang lagi cedera.


Jalur di lereng bukit tersebut, yang dioperasikan oleh lembaga nirlaba Angels Flight Railway Foundation, menyediakan angkutan umum antara stasiunnya di bawah Hill Street dan California Plaza di Grand Avenue di puncak Bunker Hill.


Kereta itu terdiri atas dua gerbong, yang diberi nama Sinai dan Olivet dan ditarik naik oleh kabel logam dengan energi dari puncak bukit tersebut. Harga karcis untuk satu kali perjalanan adalah 25 sen dolar AS.


"Kami berencana mempertahankan biaya penumpang satu kali jalan sebesar 25 sen dolar AS selama secara ekonomi itu memungkinkan," kata Welborne.


Kereta kabel tersebut telah beroperasi di dua jalur yang berbeda, dengan menggunakan gerbong asli yang sama dari 1901. Angels Flight pertama beroperasi dari 1901 sampai ditutup pada 1969, ketika lokasinya dikembangkan lagi.







Operasi kedua dijalankan di dekatnya pada 1996, dan ditutup lagi pada 2001, setelah kecelakaan mematikan itu. Kereta kabel tersebut telah beberapa kali dijadwalkan untuk dioperasikan lagi.

Sebagai satu-satunya kereta kabel di Los Angeles, Angels Flight telah menjadi ciri khas kota tersebut. Kereta itu telah muncul di berbagai film terkenal Hollywood dan dimasukna ke dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada 2000.


Dua lagi kereta kabel telah terbakar atau tak dioperasikan lagi.kompas


www.ceritasexbergambar.blogspot.com


◄ Newer Post Older Post ►